MANFAAT SIWAK

MANFAAT SIWAK

Siwak memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat sebagai berikut.

Pertama, Antibacterial acids, yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan pada gusi. Pada penggunaan siwak pertama kali, mungkin terasa pedas dan sedikit “membakar", karena terdapat kandungan serupa mustard di dalamnya yang merupakan substansi antibacte- rial acids tersebut.

Kedua, Kandungan yang dimiliki siwak berfungsi untuk membersihkan gigi, memutihkan dan menyehatkan gigi dan gusi. Bahan yang sering diekstrak sebagai bahan penyusun pasta gigi.

Ketiga, Siwak memiliki minyak aroma alami yang memiliki rasa dan bau yang segar, menjadikan mulut menjadi harum dan menghilangkan bau tak sedap.

Empat, Enzim yang mencegah pembentukan plak yang menyebabkan radang gusi. Plak juga merupakan penyebab utama tanggalnya gigi secara prematur.

Lima, Antidecay agent (zat anti pembusukan), yang menurunkan jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan. Selain itu, siwak juga turut merangsang produksi saliva (air liur) lebih, di mana saliva merupakan organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

Jika dikatakan bahwa bersiwak itu rumit, justru sebaliknya. Praktis, karena satu alat sudah mencakup sikat gigi lembut nan fleksibel serta pasta gigi dengan kandungan lengkap. Ketersediaannya memang masih belum semudah mencari sikat dan pasta gigi. Meski demikian, belakangan ini geliat siwak makin terasa dan relatif lebih mudah dijumpai.

Tips mendapat manfaat maksimal siwak:

Pertama, Pilih kayu siwak yang masih segar, bukan yang berwarna coklat kering. Pemilihan ini berkaitan dengan kualitas yang bisa diperoleh.

Kedua, Tumbuk ujung siwak hingga serat kayunya menyerupai sikat gigi. Jangan langsung menggunakan siwak saat masih berbentuk ranting utuh, selain manfaatnya kurang juga dapat melukai gusi.

Ketiga, Bawa siwak dalam wadah tertutup namun memiliki ventilasi udara. Kelembaban yang tinggi pada wadah tertutup rapat dapat membiakkan bakteri sehingga efektivitas siwak berkurang.

Empat, Cuci siwak sebelum digunakan, serta cuci dan keringkan siwak sebelum disimpan.

Lima, Setelah lima hari atau lebih (tergantung kualitas dan perawatan kayu siwak), potong serabut hasil tumbukan yang menyerupai sikat gigi, kemudian tumbuk kembali untuk mendapat serabut sikat siwak yang baru. Ibarat sikat gigi, jika bulu sikatnya sudah tidak rata lagi, efek yang diperoleh tidak maksimal. Demikian pula dengan siwak, selain terasa tidak nyaman juga manfaatnya berkurang jika tidak memperbarui serabut sikatnya.

 

 


0 Response to "MANFAAT SIWAK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel